Friday, 11 October 2019

Mengapa perlu untuk meminta sertifikasi untuk perusahaan IT?


Apa itu Sertifikasi ISO 27001 dan mengapa begitu penting untuk organisasi?


Secara umum, sebagian besar organisasi dan bisnis akan memiliki beberapa bentuk kontrol untuk mengelola keamanan informasi. Kontrol ini diperlukan karena informasi adalah salah satu aset paling berharga yang dimiliki bisnis. Namun, efektivitas kebijakan semacam itu ditentukan oleh seberapa baik kontrol ini diorganisir dan dipantau. Banyak organisasi memperkenalkan kontrol keamanan secara sembarangan: beberapa diperkenalkan untuk memberikan solusi spesifik untuk masalah tertentu, sementara yang lain sering diperkenalkan hanya sebagai masalah konvensi. Kebijakan keamanan acak semacam itu hanya akan membahas aspek-aspek tertentu dari TI atau keamanan data, dan dapat membuat aset informasi non-TI yang berharga seperti dokumen dan pengetahuan kepemilikan kurang terlindungi dan rentan. Standar ISO / IEC 27001 diperkenalkan untuk mengatasi masalah ini.

Apa itu ISO 27001?


ISO / IEC 27001 secara resmi menetapkan sistem manajemen yang dimaksudkan untuk membawa keamanan informasi di bawah kendali manajemen yang eksplisit. Menjadi spesifikasi formal berarti mengamanatkan persyaratan khusus. Organisasi yang mengklaim telah mengadopsi ISO/IEC 27001 karenanya dapat diaudit secara formal dan disertifikasi sesuai dengan standar. ISO/IEC 27001 mensyaratkan manajemen tersebut:


  • Secara sistematis memeriksa risiko keamanan informasi organisasi, dengan    mempertimbangkan ancaman, kerentanan, dan dampaknya.   
  • Merancang dan mengimplementasikan rangkaian kontrol keamanan informasi yang koheren dan komprehensif dan / atau bentuk-bentuk perlakuan risiko lainnya (seperti penghindaran risiko atau transfer risiko) untuk mengatasi risiko-risiko yang dianggap tidak dapat diterima.
  • Mengadopsi proses manajemen menyeluruh untuk memastikan bahwa kontrol keamanan informasi terus memenuhi kebutuhan keamanan informasi organisasi secara berkelanjutan.

·       Mengapa ISO 27001 begitu penting dan manfaat bisnis apa yang ditawarkannya?

Manfaat bisnis dari sertifikasi Sertifikasi ISO 27001 cukup besar. Standar tidak hanya membantu memastikan bahwa risiko keamanan bisnis dikelola dengan biaya yang efektif, tetapi kepatuhan terhadap standar yang diakui mengirimkan pesan yang berharga dan penting kepada pelanggan dan mitra bisnis: bisnis ini melakukan berbagai hal dengan cara yang benar. ISO 27001 sangat berharga untuk memantau, meninjau, memelihara, dan meningkatkan sistem manajemen keamanan informasi perusahaan dan tidak diragukan lagi akan memberikan kepercayaan yang lebih besar kepada organisasi mitra dan pelanggan dalam cara mereka berinteraksi dengan bisnis Anda.

Manfaat


  • Sertifikasi ISO 27001:2018 adalah standar internasional de facto untuk Manajemen Keamanan Informasi
  • Ini menunjukkan komitmen yang jelas terhadap Manajemen Keamanan Informasi kepada pihak ketiga dan pemangku kepentingan
  • dapat memberikan kerangka kerja untuk memastikan pemenuhan tanggung jawab komersial, kontrak dan hukum
  • memberikan keunggulan kompetitif yang signifikan, dan secara efektif dapat menjadi lisensi untuk berdagang dengan perusahaan di sektor yang diatur tertentu
  • Ini memberikan interoperabilitas antara organisasi atau kelompok dalam suatu organisasi
  • dapat memberikan kepatuhan terhadap, atau sertifikasi terhadap, standar eksternal yang diakui yang sering dapat digunakan oleh manajemen untuk menunjukkan uji tuntas.
  • Berikut adalah lima manfaat paling menarik untuk berinvestasi dalam sertifikasi keamanan Sertifikasi ISO 27001:2018: 

Kelola risiko:


ISO 27001 berfokus pada manajemen risiko proaktif, yang sangat penting untuk membangun fondasi keamanan yang solid dan berkelanjutan. Semua perusahaan menyadari bahwa mereka harus berinvestasi dalam keamanan, tetapi memiliki prosedur manajemen risiko yang tepat berjalan jauh menuju memaksimalkan investasi di bidang di mana ia dapat memberikan manfaat terbesar sambil menghindari pengeluaran yang boros.

Kerangka kerja manajemen keamanan:


Sertifikat ISO 27001:2018 menyediakan kerangka kerja yang telah terbukti dan semua persyaratan umum untuk menetapkan praktik terbaik keamanan informasi (misalnya, manajemen aset, kontrol akses, kriptografi, keamanan jaringan, dll.). Kerangka kerja ini memaksa struktur di seluruh departemen, termasuk peran, tanggung jawab, kepemimpinan, dan pengambilan keputusan. Akibatnya, operasi menjadi lebih efisien, terorganisir, dan sukses. Meningkatkan operasi telah menjadi prioritas utama bagi sebagian besar perusahaan, terutama mengingat keinginan yang berkelanjutan untuk menjaga operasi TI tetap ramping dan berfungsi optimal di tengah perubahan yang konstan dan tuntutan yang lebih besar. Dengan ISO 27001, ada bukti bahwa sistem dan prosedur tersedia untuk memungkinkan perusahaan menjadi lebih siap menghadapi tantangan keamanan yang dikenal dan tidak dikenal di masa depan.

Konsentrasi pada kepatuhan:


Hukum, peraturan, dan regulasi di semua tingkat pemerintahan terus berubah, tetapi ini bukan alasan bagi organisasi TI untuk tidak mematuhi persyaratan hukum apa pun yang berlaku untuk operasi mereka. Selain menjadi subjek berita halaman depan terbaru, tidak mematuhi peraturan dapat menyebabkan hukuman finansial, kehilangan kepercayaan, dan reputasi ternoda. Selain menjaga kapal tetap pada jalurnya, perusahaan harus tetap waspada mengenai semua persyaratan terkait keamanan informasi yang berasal dari kontrak dan perjanjian pelanggan dan pemasok.

Lindungi pemasok dan pelanggan:


Menyedihkan tetapi benar: Dalam sejumlah kasus yang meresahkan, kerentanan keamanan terbesar perusahaan berasal dari pelanggan dan pemasoknya. Sertifikat ISO 27001:2018 memberikan struktur yang terdefinisi dengan baik dimana keduanya dibuat sadar akan peran dan tanggung jawab keamanan informasi mereka. Dengan pemantauan dan pengukuran berkelanjutan, data semua orang - dan reputasi - dilindungi.

Tingkatkan kepercayaan pelanggan:


Sudah menjadi rahasia umum bahwa penyedia solusi dan layanan sering memperkenalkan dan mengirimkan produk sebelum prosedur keamanan yang sepenuhnya terwujud telah diberlakukan. Memiliki sertifikasi ISO 27001 membuat pelanggan Anda tahu bahwa data sensitif dan rahasia mereka dilindungi di dalam perusahaan Anda. Manfaat utama lainnya adalah akan membedakan Anda dari pesaing. Ketika bekerja dengan perusahaan besar, sertifikasi seperti ISO 27001 sering diperlukan untuk dimasukkan dalam daftar mitra yang disetujui. Dalam dunia layanan profesional dan terkelola yang bergerak cepat dan berkembang saat ini, ISO 27001 sekarang dianggap sebagai taruhan meja. Meskipun tidak diamanatkan oleh hukum, sertifikasi ini memastikan pemegang mengambil manfaat dari praktik terbaik dan mematuhi serangkaian prosedur yang terbukti. Menambahkan ISO 27001 ke resume perusahaan Anda memastikan pelanggan dan mitra bahwa Anda memiliki kontrol yang tepat dan bahwa data tidak rentan di dalam atau di luar tembok perusahaan Anda. Sebagai hasilnya, Anda dapat melanjutkan dengan tingkat kepercayaan yang tinggi bahwa semua informasi dan sistem aman dan terlindungi.
Lihatlah beberapa Pertanyaan yang sering diajukan ini.
Setelah membaca itu Anda memiliki pertanyaan dalam pikiran bahwa cara mendapatkan Sertifikasi ISO untuk itu ada banyak Badan Sertifikat ISO 27001 untuk memenuhi itu. Layanan Sertifikasi ISO 27001 membantu memeriksa prosedur ISO



No comments:

Post a comment