Tuesday 24 September 2019

Sertifikasi ISO 9001. mengapa itu diperlukan untuk organisasi Anda?


Apa itu QMS?


Sistem manajemen mutu (SMM) adalah proses formal yang digunakan untuk meninjau operasi, produk, dan layanan bisnis - dengan tujuan untuk mengidentifikasi area yang mungkin memerlukan peningkatan kualitas. Sistem manajemen mutu diperlukan di semua bidang kegiatan bisnis, terlepas dari ukuran institusi. Sistem manajemen kualitas yang baik akan:
  • Mengurangi pemborosan
  • Meningkatkan kontrol proses
  • Meningkatkan pangsa pasar
  • Biaya lebih rendah
  • Fasilitasi pelatihan
  • Memenuhi harapan pelanggan
  • Meningkatkan Moral


Delapan Manfaat Sistem Manajemen Mutu Sertifikat ISO 9001:2015 bersertifikat


Sebagai sebuah organisasi, Anda selalu dapat memilih untuk bekerja sesuai dengan standar ISO 9001, tetapi Anda juga dapat memilih untuk disertifikasi oleh pihak independen (seperti lembaga sertifikasi). Dalam praktiknya, kami melihat delapan manfaat utama dalam memilih sistem manajemen mutu ISO 9001 bersertifikat:
·       Anda memiliki bukti objektif bahwa organisasi Anda sangat mementingkan kualitas dan Anda memeriksanya secara teratur oleh pihak independen. Komitmen ini meningkatkan kepercayaan diri dalam organisasi Anda.
·       Anda mencapai efisiensi operasi yang lebih tinggi. Organisasi yang menganggap manajemen mutu sebagai bagian integral dari operasi bisnis mereka biasanya mencapai efisiensi operasi yang lebih tinggi daripada yang tidak.
·       Sertifikasi ISO 9001 yang bersertifikat meningkatkan kualitas layanan Anda dan meningkatkan kesadaran staf Anda.
·       Sertifikat ISO 9001:2015 yang bersertifikat memastikan proses dan struktur(komunikasi) yang jelas, tugas dan tanggung jawab di seluruh organisasi. Ini  meningkatkan keterlibatan  staf Anda, yang meningkatkan suasana kerja dan mengurangi  tekanan kerja.
·       Anda dapat mendeteksi dan mengidentifikasi masalah pada waktu yang tepat, yang berarti Anda dapat dengan cepat mengambil langkah untuk menghindari kesalahan yang sama di masa mendatang.
·       Anda menjelaskan kepada staf Anda, mitra Anda, klien Anda dan dunia luar bahwa kepuasan pelanggan adalah inti dari bisnis Anda.
·       Sertifikasi ISO 9001:2015 yang tersertifikasi memberi Anda citra perusahaan yang positif, meningkatkan Anda hingga tingkat pesaing Anda atau bahkan mungkin tingkat yang lebih tinggi. Mungkin juga untuk kepentingan komersial Anda, melihat bahwa semakin banyak klien menuntut agar pemasok mereka bekerja sesuai dengan sistem manajemen mutu Sertifikasi ISO 9001


Bersaing dengan Kompetisi - bahkan jika itu lebih besar dari Anda!


Setiap bisnis kecil harus melakukan semua yang dia bisa untuk bersaing dengan para pesaingnya yang lebih besar. Bisnis kecil harus berorientasi pada hasil bisnis yang baik dalam arti luas untuk mendapatkan keuntungan. Secara umum, ketika bisnis memikirkan hasil bisnis, mereka cenderung hanya berfokus pada hasil keuangan, mis. solvabilitas, likuiditas, pendapatan dan laba. Namun, untuk mencapai hasil keuangan yang lebih berkelanjutan, bisnis tidak boleh melupakan fakta bahwa kualitas layanan atau produk yang mereka jual kepada klien adalah apa yang sebenarnya menghasilkan hasil. Inilah sebabnya mengapa bisnis harus memusatkan perhatiannya, tidak hanya pada hasil keuangan, tetapi juga pada kualitas apa yang mereka berikan, untuk memastikan bahwa mereka terus memberikan produk dan layanan berkualitas kepada klien, mempertahankannya untuk jangka waktu yang lebih lama. Sistem manajemen mutu menyediakan struktur untuk melakukan sesuatu dengan benar, efisien dan efektif. Mereka membantu baik strategi jangka pendek dan jangka panjang untuk membantu bisnis berjalan dengan lancar, apa pun ukuran bisnisnya.


Manfaat Utama Sistem Manajemen Kualitas


Peningkatan Efisiensi


Bisnis yang menjalani proses Sertifikasi ISO 9001:2015 bertujuan untuk memaksimalkan efisiensi dan kualitas proses mereka. Sebagai bagian dari proses, pedoman akan diberlakukan untuk diikuti oleh semua karyawan. Ini berarti bahwa ketika berhadapan dengan masalah pemecahan masalah, transaksi atau pelatihan itu akan menjadi proses yang jauh lebih lancar dan kurang menguras dalam hal waktu atau pengeluaran keuangan.

Moral karyawan yang lebih baik


Anggota staf perlu termotivasi dan puas untuk berkinerja baik. Peran yang jelas, jelas, akuntabilitas manajemen, sistem pelatihan yang mapan, serta pemahaman yang jelas tentang bagaimana peran mereka memengaruhi kualitas dan keberhasilan bisnis, semuanya adalah bagian dari membina hubungan majikan / staf yang efektif. Masuk akal dalam bisnis untuk mempertahankan staf yang baik alih-alih melalui proses perekrutan dan pelatihan ulang, dan itu bermuara pada kenyataan bahwa karyawan yang hebat tidak dapat diganti.

Pengakuan internasional


ISO adalah tanda manajemen kualitas di seluruh dunia, membuat bisnis tampak andal dan dapat dipercaya. Ini adalah tujuan banyak bisnis untuk mengekspor secara internasional, dan akreditasi ISO akan sangat membantu membangun kepercayaan di arena bisnis internasional.

Peningkatan Proses


Anda dapat mempelajari perbaikan apa yang diperlukan oleh fakta yang Anda temukan melalui sistem dokumentasi dan analisis. Ini adalah prosedur yang direncanakan dan diimplementasikan dengan hati-hati, yang akan menjamin bahwa Anda membuat pilihan yang benar untuk bisnis Anda dan menghilangkan risiko kesalahan mahal.
Singkatnya, jika sampai pada keputusan antara bisnis yang lebih besar tanpa sistem manajemen kualitas, dan bisnis kecil dengan sertifikasi ISO, bisnis kecil tentu akan cenderung mengungguli saingan mereka yang lebih besar, dengan ISO sebagai alat penjualan, dan itu akan bekerja untuk memastikan bahwa setelah kontrak apa pun dimenangkan, kemungkinan akan berbasis jangka panjang, karena langkah-langkah yang diperlukan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang kuat sudah ada.
Lihatlah beberapa Pertanyaan yang sering diajukan ini.
Setelah membaca itu Anda memiliki pertanyaan dalam pikiran bahwa cara mendapatkan Sertifikasi ISO untuk itu ada banyak Badan Sertifikat ISO 9001 untuk memenuhi itu. Layanan Sertifikasi ISO 9001 membantu memeriksa prosedur ISO

Kunjungi kami untuk mendapatkan Bersertifikat



No comments:

Post a Comment