Apa itu QMS?
Sistem manajemen mutu (SMM)
adalah proses formal yang digunakan untuk meninjau operasi, produk, dan layanan
bisnis - dengan tujuan untuk mengidentifikasi area yang mungkin memerlukan
peningkatan kualitas. Sistem manajemen mutu diperlukan di semua bidang kegiatan
bisnis, terlepas dari ukuran institusi. Sistem manajemen kualitas yang baik
akan:
- Mengurangi pemborosan
- Meningkatkan kontrol proses
- Meningkatkan pangsa pasar
- Biaya lebih rendah
- Fasilitasi pelatihan
- Memenuhi harapan pelanggan
- Meningkatkan Moral
Delapan Manfaat Sistem Manajemen Mutu Sertifikat ISO
9001:2015 bersertifikat
Sebagai sebuah organisasi, Anda
selalu dapat memilih untuk bekerja sesuai dengan standar ISO 9001, tetapi Anda
juga dapat memilih untuk disertifikasi oleh pihak independen (seperti lembaga
sertifikasi). Dalam praktiknya, kami melihat delapan manfaat utama dalam
memilih sistem manajemen mutu ISO 9001 bersertifikat:
· Anda memiliki bukti objektif bahwa organisasi Anda sangat mementingkan
kualitas dan Anda memeriksanya secara teratur oleh pihak independen. Komitmen
ini meningkatkan kepercayaan diri dalam organisasi Anda.
· Anda mencapai efisiensi operasi yang lebih tinggi. Organisasi yang
menganggap manajemen mutu sebagai bagian integral dari operasi bisnis mereka biasanya
mencapai efisiensi operasi yang lebih tinggi daripada yang tidak.
· Sertifikasi ISO 9001
yang bersertifikat meningkatkan
kualitas layanan Anda dan meningkatkan kesadaran staf Anda.
· Sertifikat ISO 9001:2015 yang bersertifikat memastikan proses dan struktur(komunikasi) yang jelas, tugas dan tanggung jawab di seluruh organisasi. Ini meningkatkan keterlibatan staf Anda, yang meningkatkan suasana kerja dan
mengurangi tekanan kerja.
· Anda dapat mendeteksi dan mengidentifikasi masalah pada waktu yang tepat,
yang berarti Anda dapat dengan cepat mengambil langkah untuk menghindari
kesalahan yang sama di masa mendatang.
· Anda menjelaskan kepada staf Anda, mitra Anda, klien Anda dan dunia luar
bahwa kepuasan pelanggan adalah inti dari bisnis Anda.
· Sertifikasi ISO 9001:2015 yang tersertifikasi memberi
Anda citra perusahaan yang positif, meningkatkan Anda hingga tingkat pesaing
Anda atau bahkan mungkin tingkat yang lebih tinggi. Mungkin juga untuk kepentingan komersial Anda, melihat bahwa semakin banyak klien menuntut agar pemasok mereka bekerja sesuai dengan sistem manajemen mutu Sertifikasi ISO 9001
Bersaing dengan Kompetisi - bahkan jika itu lebih besar dari Anda!
Manfaat Utama Sistem Manajemen Kualitas
Peningkatan Efisiensi
Bisnis yang menjalani proses Sertifikasi
ISO 9001:2015 bertujuan
untuk memaksimalkan efisiensi dan kualitas proses mereka. Sebagai bagian dari
proses, pedoman akan diberlakukan untuk diikuti oleh semua karyawan. Ini
berarti bahwa ketika berhadapan dengan masalah pemecahan masalah, transaksi
atau pelatihan itu akan menjadi proses yang jauh lebih lancar dan kurang
menguras dalam hal waktu atau pengeluaran keuangan.
Moral karyawan yang lebih baik
Anggota staf perlu termotivasi
dan puas untuk berkinerja baik. Peran yang jelas, jelas, akuntabilitas
manajemen, sistem pelatihan yang mapan, serta pemahaman yang jelas tentang
bagaimana peran mereka memengaruhi kualitas dan keberhasilan bisnis, semuanya
adalah bagian dari membina hubungan majikan / staf yang efektif. Masuk akal
dalam bisnis untuk mempertahankan staf yang baik alih-alih melalui proses
perekrutan dan pelatihan ulang, dan itu bermuara pada kenyataan bahwa karyawan
yang hebat tidak dapat diganti.
Pengakuan internasional
ISO adalah tanda manajemen
kualitas di seluruh dunia, membuat bisnis tampak andal dan dapat dipercaya. Ini
adalah tujuan banyak bisnis untuk mengekspor secara internasional, dan
akreditasi ISO akan sangat membantu membangun kepercayaan di arena bisnis
internasional.
Peningkatan Proses
Anda dapat mempelajari
perbaikan apa yang diperlukan oleh fakta yang Anda temukan melalui sistem
dokumentasi dan analisis. Ini adalah prosedur yang direncanakan dan
diimplementasikan dengan hati-hati, yang akan menjamin bahwa Anda membuat
pilihan yang benar untuk bisnis Anda dan menghilangkan risiko kesalahan mahal.
Singkatnya, jika sampai pada
keputusan antara bisnis yang lebih besar tanpa sistem manajemen kualitas, dan
bisnis kecil dengan sertifikasi ISO, bisnis kecil tentu akan cenderung
mengungguli saingan mereka yang lebih besar, dengan ISO sebagai alat penjualan,
dan itu akan bekerja untuk memastikan bahwa setelah kontrak apa pun
dimenangkan, kemungkinan akan berbasis jangka panjang, karena langkah-langkah
yang diperlukan untuk memberikan pengalaman pelanggan yang kuat sudah ada.
Lihatlah beberapa Pertanyaan
yang sering diajukan ini.
Setelah membaca itu Anda
memiliki pertanyaan dalam pikiran bahwa cara mendapatkan Sertifikasi ISO untuk
itu ada banyak Badan
Sertifikat ISO 9001
untuk memenuhi itu. Layanan Sertifikasi ISO 9001
membantu memeriksa prosedur ISO
No comments:
Post a Comment